Selasa, 21 Oktober 2014

Fright Pack

Hai. Halo. Jumpa lagi dengan saya. Ok. Langsung saja. Review kali ini tampil agak sedikit berbeda dari review-review sebelumnya. Biasanya, saya hanya membahas satu judul film saja. Namun kali ini, menyambut datangnya perayaan Halloween, saya akan membahas, tidak hanya satu, tidak dua, namun enam judul film sekaligus! (kalimat ini terdengar sounds like iklan produk panci multifungsi, ya. Ya sudahlah). Sebetulnya, agak sulit bagi saya untuk merekomendasikan film horror apa saja yang layak untuk kalian tonton pada kesempatan Halloween tahun ini. Namun setelah mengingat-ingat dari sekian sedikit judul film horror yang pernah saya tonton beberapa tahun belakangan, akhirnya saya memutuskan untuk memilih keenam judul berikut sebagai film horror yang saya rekomendasikan untuk Halloween tahun ini. Daftar ini tidak berupa urutan. Jadi, satu film tidak berarti lebih baik ketimbang film yang lain. Ya sudah. Tanpa berbasa basi lagi. Inilah…

1. The Innkeepers

Salah satu tema yang boleh dikatakan cukup ‘usang’ dalam genre horror adalah tempat angker atau haunted place. Meski tema ini sudah sangat klise, The Innkeepers mampu mengolah tema ini menjadi suatu sajian horror yang tidak hanya lebih menarik, namun juga sangat brilian. Saya masih ingat bagaimana saya baru menyadari cerdasnya plot film ini setelah menonton film ini untuk kedua kalinya. Secara umum, cerita di The innkeepers berpusat pada dua orang penjaga penginapan. Penginapan ini dikenal akan sejarah serta reputasinya sebagai penginapan yang angker. Menit-menit awal kalian mungkin akan mengira bahwa film ini hanyalah film horror tentang haunted place yang standar, sama seperti halnya dengan saya. Yeah, right. Haunted place. What so special ‘bout it, eh? Paling juga tentang kejadian-kejadian aneh, roh penasaran, dsb, dsb, right? Akan tetapi qi sanaque, ternyata cerita bergulir semakin intens dan diakhiri dengan ending yang sangat memukau. The Innkeepers memang film horror ‘kecil’. Cenderung minimalis. Namun kekuatan terbesar film ini ada pada plotnya. Tentang bagaimana menampilkan suatu tema yang sudah terlalu biasa dengan menggunakan kemungkinan yang jauh lebih plausible. Film ini tidak hanya berfokus pada rasa takut, namun lebih menyoroti efek dari rasa takut tersebut. Dan semuanya jadi masuk akal setelahnya, yang mana hal ini bagi saya justru lebih menakutkan. Suatu nilai lebih yang mungkin tidak kalian temukan di film horror lain dengan tema serupa. Jika kalian mencari film horror bertema haunted place namun dengan detail yang sangat rapi, The Innkeepers sangat saya rekomendasikan. Dapatkan filmnya di sini.

2. Ils a.k.a Them

Tema home invasion juga menjadi salah satu tema favorit saya untuk genre horror. Dari Perancis, ada Ils atau yang juga dikenal dengan judul Them. secara garis besar, Ils memiliki plot yang tidak jauh berbeda dengan plot film horror/thriller bertema home invasion lain yang juga menjadi favorit saya, The Strangers. Bila kalian menggemari tema home invasion, Ils punya segalanya. Plot yang intens, momen-momen menegangkan, hingga ending yang mungkin sedikit mengejutkan. Film ini memang mengangkat tema ‘basi’ untuk genre horror, namun dikemas dengan sangat baik. Sinematografi serta ilustrasi musik latar yang digunakan mampu membangun atmosfir mencekam sepanjang film dengan sangat efektif. Penokohan yang natural menjadikan film ini semakin beliveable dan mencekam. Durasi filmpun dipangkas dengan tepat. Alur memang agak sedikit lambat di bagian awal, namun langsung menanjak menjadi marathon adrenalin penuh kengerian pada bagian-bagian berikutnya. Beberapa bagian hadir dengan elemen kejutan yang cukup ampuh untuk membuat tangan anda mencengkeram bantal sedikit lebih keras atau bahkan mengumpat tertahan. Silakan dapatkan filmnya di sini.

3. Lake Mungo

Film horror ‘kecil’ bergaya mockumentary dari Australia. Dalam Lake Mungo, kalian akan diajak menyelami berbagai kejadian supranatural yang muncul di seputar sebuah keluarga yang sedang berada dalam masa berkabung. Plot film ini cukup sederhana. Seorang remaja perempuan tewas tenggelam dan keluarganya merasa sangat kehilangan. Rasa kehilangan yang sangat mendalam ini kemudian disusul dengan munculnya berbagai kejadian yang tak dapat dijelaskan dengan akal sehat. Keluarga inipun kemudian meminta bantuan seorang paranormal. Melalui investigasi, ditemukan fakta mengejutkan tentang remaja perempuan yang tewas tersebut. Lake Mungo menggabungkan elemen misteri dan supranatural secara tepat. Meskipun ditampilkan dengan menggunakan gaya mockumentary, percayalah, Lake Mungo jauh lebih bagus ketimbang Paranormal Activity bersaudara yang kian membosankan itu. Gaya mockumentary pada film ini digunakan dengan bijaksana sehingga mampu memperkuat plot dan atmosfir film secara optimal. Hal lain yang menarik dari Lake Mungo adalah closing creditnya. Salah satu closing credit terbaik untuk genre horror yang pernah saya lihat sejauh ini. Kalian bisa mendapatkan film ini di sini.

4. Triangle

Bukan. Ini bukan film horror tentang obsesi kaum hipster terhadap bentuk geometri segitiga. Triangle adalah film horror/thriller dari Inggris dengan bumbu misteri yang cukup kental serta twisty. Film ini menceritakan tentang sekelompok orang yang pergi berlibur dengan menggunakan yacht. Tiba-tiba, di tengah laut muncul badai misterius yang mendamparkan yacht yang mereka tumpangi di dekat sebuah kapal pesiar. Merekapun naik ke kapal pesiar tersebut dan kejadian-kejadian anehpun mulai bermunculan. Sekilas, Triangle mungkin terlihat seperti film horror biasa dengan setting kapal berhantu. Meski demikian, seiring bergulirnya cerita, muncul berbagai detail menarik yang akan menggiring kalian ke ending yang cukup mengejutkan. Plot bergulir dengan cukup intens. Ada berbagai kejutan baru yang muncul seiring berjalannya film yang berpuncak pada ending yang cukup 'holy shit!'. Triangle memadukan unsur kengerian thriller dan misteri penuh twist dengan sangat piawai. Bosan dengan film horror/thriller bertema kapal berhantu biasa? Triangle bisa jadi alternatif tontonan di Halloween tahun ini. Kalian bisa mendapatkan film ini di sini.

5. Trick ‘r Treat

Jika kalian mencari film horror dengan kemasan multiplot, Trick ‘r Treat bisa menjadi pilihan yang layak untuk dipertimbangkan. Di film ini, ada lima cerita yang terpisah namun juga saling berhubungan yang menggunakan elemen-elemen horror yang sudah tak asing lagi, mulai dari psikopat, urban legend, bahkan hingga makhluk-makhluk mitos mengerikan. Film ini tidak hanya menampilkan elemen horror secara baik, namun juga sangat menyenangkan untuk disimak. Tipikal film Halloween yang cocok untuk disaksikan beramai-ramai bersama teman-teman kalian sembari menikmati minuman beralkohol tanpa menyadari bahwa ada sesosok bayangan yang sedang mengintai kalian dari balik jendela. Plot yang terjalin dengan rapi, detail yang cukup memukau, beberapa twist mengejutkan, serta sedikit bumbu humor yang digarap dengan sangat menarik menjadikan Trick ‘r Treat sebagai salah satu film horror yang ‘Halloween banget’. Film ini memberikan nuansa kengerian serta menyenangkan dalam porsi berimbang. Dari segi teknis, Trick 'r Treat berhasil memadukan rangkaian gambar-gambar indah dengan pergerakan kamera yang efektif sehingga mampu membangun atmosfir mencekam serta puitis dalam satu sajian yang sangat sayang untuk dilewatkan. Silakan dapatkan filmnya di sini.

6. Here Comes the Devil

Ini adalah sebuah film horror/suspense asal Mexico yang di luar dugaan saya ternyata cukup layak simak. Meskipun dikemas dengan gaya yang sepintas terkesan ‘murahan’, Here Comes the Devil terbukti memiliki kekuatan yang cukup besar sebagai film horror. Cerita berfokus pada pasangan suami istri muda yang kehilangan kedua anak mereka pada saat bertamasya. Singkat kata, pihak berwajib berhasil menemukan kedua anak tersebut dan mengembalikan mereka kepada kedua orangtuanya. Beberapa hari setelah kejadian tersebut, sang ibu mulai menyadari keanehan-keanehan yang ditunjukkan oleh kedua anaknya. Kedua anak tersebut terkesan ‘berbeda’. Apa yang sesungguhnya telah terjadi? Here Comes the Devil lebih berfokus pada misteri serta atmosfir mencekam. Mungkin tidak terlalu mengerikan sebagai film dengan genre horror. Meski demikian, plot yang ditampilkan dalam film ini cukup menarik untuk diikuti. Ada sedikit unsur sex/nudity serta gory, namun kedua hal tersebut bukanlah jualan utama film ini. Ending film cukup mengejutkan meskipun tergolong agak standar untuk film bergenre horror. Jika kalian mencari alternatif film horror dengan nuansa yang sedikit ‘aneh’ ala b-movie cult era 70an atau 80an, film ini layak kalian jadikan pilihan. Kalian bisa mendapatkan film ini di sini.

Demikianlah keenam film yang saya rekomendasikan untuk menemani kalian pada perayaan Halloween tahun ini. Oya, format tulisan seperti ini mungkin akan muncul kembali di lain waktu dengan tema-tema khusus lainnya. Ya udah gitu aja. Hhe…


4 komentar:

  1. Mancing mania mantap mz~
    Aku pancing semua hhahaha :v
    Terimakasih dan selamat buat update film2 kali ini mz . . (y)

    BalasHapus
  2. silakan, mz. terimakasi juga suda berkunjung. hhe hhe...

    BalasHapus
  3. wah ini webside orang dalem holywuod ... keren keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaaaa~ dikunjungi mb della~ betapa suatu achievement yang sangat pencapaian. tengs, mb dell~ :3

      Hapus